More and More (Semakin .........)

Pixabay

Sebelum kita memulai pembahasan mengenai ungkapan more and more, kita harus ingat kembali pelajaran tentang degree of comparison. Comparison dapat dibentuk menggunakan kata sifat baik kata sifat yang terdiri dari satu suku kata atau lebih. Lihat pelajaran Adjective dalam blog ini.
Seperti sudah kita ketahui di pelajaran Adjective mengenai tingkat perbandingan bahwa untuk perbandingan kita menggunakan -er atau more. Lihat contoh berikut:
Big = besar; bigger = lebih besar (big + er menjadi bigger)
Beautiful = Cantik; more beautiful (lebih cantik) dan seterusnya.

Lantas bagaimana kita bisa menggunakan ungkapan more and more (semakin)?


Contoh:
Fat = gemuk; fatter = lebih gembuk; dan fatter and fatter = semakin gemuk.
Fatter and fatter adalah contoh lain dari more and more yang menunjukkan adanya perubahan dari gemuk menjadi gemuk lagi. Tambahan “-er” pada akhir kata fat digunakan karena fat adalah kata sifat yang memilihi satu suku kata saja. Sedangkan kata sifat yang terdiri dari dua atau lebih suku kata maka kata more digunakan. Lihat pelajaran ADJECTIVE.

Perhatikan lagi contoh berikut:
  • More and more women wear tight jeans nowadays.(Semakin banyak wanita mengenakan jean ketat saat ini)
  • You look more and more beautiful. (Kamu tampak semakin cantik.)
  • These tasks are getting tougher and tougher. (Tugas-tugas ini semakin sulit.)
  • I am learning more and more about Lampung culture as I will be sent abroad to represent Lampung Province. (Saya mempelajari semakin banyak tentang kebudayaan Lampung karena saya akan dikirim ke luar negeri untuk mewakili Provinsi Lampung.)
  • The price of gold is getting higher and higher. (Harga emas semakin tinggi)
  • This tree has grown taller and taller. (Pohon ini telah tumbuh semakin tinggi)
Jadi untuk menterjemahkan semakin tinggi, semakin cantik, semakin sulit kita menggunakan ungkapan more and more atau ……er and ……er (Jika kata sifatnya hanya terdiri dari satu suku kata seperti pada fat menjadi fatter).