Penggunaan Made of , made from, made out of, dan made with


Bed made of bamboo

To be made of , to be made from, made out of dan made with artinya “terbuat dari”. Contoh dalam bahasa Indonesia: “Rumah itu terbuat dari kayu.” “Dinding rumah nya semuanya terbuat dari batu,” “Semua kertas terbuat dari kayu,”  “Tenda itu terbuat dari atap kayu tua”, “Makanan ini terbuat dari daging, sayuran dan cabe merah,” dan masih banyak contoh lainnya.
Perhatikan beberapa kalimat-kalimat berikut:

  • His belt is made of leather. [Dompetnya terbuat dari kulit.] Disini digunakan made of karena unsur kulitnya masih terlihat. Namun jika unsur kulitnya telah banyak berubah karena proses produksi, maka digunakan made from.
  • The beggars live in a hut made out of old wooden walls. [Pengemis-pengemis itu tinggal di sebuah gubuk terbuat dari dinding-dinding kayu tua.] Made out of digunakan karena bahan yang digunakan masih asli tidak berubah dari sumber nya.
  • My daughter’s table is made from wood. [Meja anak saya terbuat dari kayu.]. Made from digunakan untuk bahan yang diproses produksi dan berubah bentuk aslinya.
  • I love a big house made of bamboo poles with its roof made of wood. [Saya suka sebuah rumah besar terbuat dari batang bamboo dengan atasnya terbuat dari kayu.] Made of dalam kalimat ini dipakai karena bahan-bahan masih asli terlihat.
  • My wife is going to make cakes made with coconut milk, brown sugar, and some other ingredients. [Isteri saya akan membuat kue terbuat dari santan kelapa, gula merah, dan bahan-bahan lainnya.] Made with digunakan apabila kita bicara tentang bahan-bahan kue atau makanan yang dibuat.

Mudah-mudahan penjelasan di atas cukup membantu pemahaman Anda tentang apakah menggunakan made of, made from, made out of, dan made with.