Bagaimana Membuat Cover Letter Dalam Bahasa Inggris



Bagaimana Membuat Cover Letter Dalam Bahasa Inggris

Jika Anda sedang mencari pekerjaan, biasa nya Employer meminta Anda untuk mengirimkan CV + Cover Letter dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia tergantung apakah perusahaannya menghendaki Anda menggunakan bahasa Inggris dalam perusahaannya. Untuk perusahaan-perusahaan yang katakanlah berkaliber internasional atau bahkan nasional, menghendaki calon karyawannya mampu menggunakan bahasa Inggris setidak-tidaknya secara pasif.
Dalam sesi ini saya mencoba menyampaikan bagaimana cara membuat Cover Letter yang efektif singkat dan terarah.
Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang cara membuat Cover Letter:
1.       Usahakan Cover Letter dibuat dalam satu halaman.
2.       Gunakan kalimat –kalimat singkat yang jelas dan terfokus dengan kalimat active (Active Voice). Hindari kalimat-kalimat panjang.
3.       Tunjukkan kepribadian yang menarik yang bisa membuat calon employer tertarik dengan Anda.
4.       Susun kalimat-kalimat dalam paragraph yang tersusun secara logis mengenai keahlian Anda yang terkait dengan posisi yang Anda lamar.
5.       Jangan menulis hal-hal yang Anda tidak kuasai. Fokuskan pada keahlian yang benar-benar Anda miliki terkait dengan operasional perusahaan.
6.       Jangan sampaikan hal-hal terkait dengan pribadi Anda. Hanya focus kepada keahlian/skill yang Anda miliki saja.
Bagaimana Menyusun Cover Letter:
1.       Mulailah dengan menulis:
Dear Sir atau Dear Madame

2.       Tulis bagaimana Anda bisa tahu lowongan yang tersedia dan berkesempatan untuk melamar posisi yang ditawarkan. Misalnya Anda mengetahui dari iklan di Koran atau internet dan lain-lain.
3.       Secara singkat tulis siapa Anda terkait dengan keahlian yang Anda miliki, bukan tentang kehidupan pribadi Anda. Tulis personalitas andalan Anda misalnya: Anda orang yang bertindak cepat, berfikir kritis dan lain sebagainya.
Point 1 sampai dengan 3 diatas Anda tulis dalam paragraph pertama.
Pada paragraph ke 2 – 3:
Tonjolkan bebarapa hal terpenting dari CV yang Anda tulis. Misalnya Anda adalah seorang Auditor pada perusahaan sebelumnya. Tonjolkan di sini hal-hal yang terpenting yang bisa membantu perusahaan di mana Anda akan bekerja. Ingat, Anda tidak mengulang apa yang Anda tulis di CV Anda.
Kemudian uraikan dengan singkat bagaimana pengalaman Anda di perusahaan sebelumnya (misalnya Anda seorang auditor) akan bermanfaat pada perusahaan di mana Anda akan bekerja.
Pada paragraph penutup, katakan Anda sangat mengharapkan interview sesuai jadwal yang tersedia pada perusahaan.
Jika Ada informasi tambahan yang Anda kirimkan secara terpisah, sebutkan disini.
Akhiri Cover letter ini dengan menyampaikan bahwa Anda sangat mengharapkan berita dari Employer/persuhaan ini.

Demikian beberap langkah membuat Cover Letter dalam bahasa Inggris. Untuk membuat CV/Resume silahkan di Pelajaran Cara Membuat Resume

LIHAT CONTOH COVERING LETTER