I have no idea atau I have no clue?


I have no idea atau I have no clue adalah kalimat pernyataan yang berarti “Saya tidak tahu”. 

Misalnya: 
  • A: Do you know where he lives?; B: I have no idea atau I have no clue.
Kalimat  I have no clue lebih informal (tidak resmi) dibandingkan dengan I have no idea


Penggunaan keduanya biasanya antara teman-teman dan dalam suasana informal/ tidak resmi.  Namun sebaiknya penggunaan keduanya, yaitu I have no idea dan I have no clue dihindarkan dalam rapat-rapat formal penting karena keduanya dianggap tidak tepat atau kurang sopan.

Dalam rapat-rapat yang bersifat formil atau penting, untuk menyatakan I have no idea atau I have no clue, digunakan ungkapan-ungkapan sebagai berikut:
  • I am afraid, I am not sure.
  • I am sorry, I don’t know.
Nah, kedua kalimat di atas “I am afraid, I am not sure”, dan “ I am sorry, I don’t know.” Kedengaran lebih sopan dalam acara-acara formil di mana mungkin kita belum saling kenal satu sama lain. Mungkin sudah kenal tapi bukan dalam kategori  teman dekat.
Untuk memperjelas pemahaman kita tentang penggunaan  “I have no idea” dan “I have no clue” berikut saya berikan contoh dalam percakapan informal (antara teman dekat) dan percakapan formil seperti pada pertemuan-pertemuan resmi.

Percakapan Antar Teman
  • Andi: Is it right that Tom is getting married next month? [Apakah benar Tom akan menikah bulan depan?]
  • Yan: I have no idea about it. Ask Anto. He probably knows about it. [Saya tidak tau tentang itu. Tanya Anto. Mungkin dia tau.] By the way, are you going cycling next weekend? [Ngomong,ngombong, akhir pekan nanti main sepeda, ya?]
  • Andi : I have no clue yet. I think I’ll play it by ear. [Belum tahu nih. Liat saja nanti.]
Percakapan dalam suasana formil
  • Mr.A: Mr. B, do you happen to know what may happen next year if an immediate action is taken to overcome the financial issue?  [Tuan B, apakah Anda tahu apa yang mungkin terjadi tahun depan jika tindakan secepatnya tidak diambil untuk mengatasi masalah keuangan?]
  • Mr. B: I am sorry, I don’t know what may happen, Sir. [Saya tidak tahu apa yang mungkin akan terjadi, Pak.]

Reference: https://www.myenglishteacher.eu