Have Someone Do it atau Have Someone Doing it?



Saya yakin kebanyakan dari kita sudah mengetahui bahwa kata kerja have  mempunyai arti “mempunyai”, seperti pada kalimat “I have three cars.” [Saya mempunyai tiga mobil.]” Terjemahan kalimat tersebut benar. Namun sebenarnya kata have  mempunyai berbagai  arti dan fungsi dalam kalimat, yang antara lain akan saya bahas di artikel ini.

Fungsi-fungsi kata have dalam kalimat sebagai berikut:
  • Sebagai kata kerja bantu dalam kalimat Present Perfect Tense;
  • Untuk menyatakan “Keharusan” (have to);
  • Sebagai kata kerja biasa yang diikuti oleh objek (We have a big house.);
  • Have something/someone + Past Participle. Contoh: I had the wall painted white (Tembok saya dicat putih. Dalam hal ini saya menyuruh orang mengecat nya.)
Sebagai Causative verb (have somebody do something/have somebody doing something)

Dalam pembahasan kata have pada sesi ini saya akan focus pada penggunaan sebagai berikut:
  • have somebody do something/ have somebody doing something.
Bagaimana apakah konstruksi have someone doing something dan have someone do something
mempunyai arti yang sama atau berbeda?

Berikut penjelasannya:

HAVE SOMEONE DO SOMETHING  artinya subjek menyuruh seseorang untuk melakukan sesuatu. Bisa menyuruh saja atau menyuruh dengan membayar nya.

Contoh dalam Kalimat:
  • I will have a plumber check the faucet. [Saya akan menyuruh tukang pipa ledeng memeriksa kran air.] Dalam kalimat ini subjek “I” akan menyuruh untuk melakukan sesuatu, yaitu mengecek kran. Biasanya dengan membayar nya.
  • Can you have someone you know check the drainage?
  • The boss had his secretary phone one of the customers. [Bos meminta sekretarisnya untuk menelepon salah satu pelanggan.]
Jadi konstruksi HAVE  + SOMEONE + VERB BASE FORM = MENYURUH, MEMINTA SESEORANG UNTUK MELAKUKAN SESUATU.

HAVE SOMEONE DOING SOMETHING  artinya membuat seseorang melakukan sesuatu karena akibat tindakan yang kita lakukan. Artinya sebagai akibat tindakan kita ia melakukan sesuatu.

Contoh:
  • Don’t worry, at the end of my story, I will have you all laughing. Artinya pada akhir cerita saya membuat sesuatu yang lucu yang mengakibatkan orang jadi tertawa.
  • My wife finally had me working harder. [Akhirnya istri saya membuat saya bekerja lebih keras.] ini mungkin karena ia memberi motivasi, atau sejenisnya yang mendorong saya bekerja lebih keras. Dan tentunya ia tidak menyuruh saya untuk bekerja lebih keras.
Demikian penjelasan penggunaan kata kerja have  di atas. Semoga bermanfaat.