Persamaan dan Perbedaan Just dan Only


Dalam banyak hal kata just dan only bisa saling tukar digunakan tanpa merubah arti. Namun dalam hal tertentu kata just tidak dapat digantikan dengan only. Jika diganti arti kalimat nya akan berubah.

Perhatikan kalimat-kalimat berikut untuk memahami penggunaan just dan only.

  • I’ve just finished my lunch. (Saya barusan makan siang.) Dalam kalimat ini only tidak bisa menggantikan just.
  • I only washed the floor. (Saya hanya mencuci lantai.) Jika only digantikan dengan just arti kalimat nya akan berubah menjadi (Saya barusan mencuci lantai.)
  • Only/just a few kids played in the park. (Hanya beberapa anak main di taman). Pada kalimat ini only dan just bisa digunakan tanpa merubah arti.
  • How many came to the meeting yesterday? Just five participants/only five participants. Pada kalimat ini just atau only dapat digunakan (just/only = hanya)
  • What else did you wash? Nothing else. I only washed the clothes. (Apa lagi yang Anda cuci? Tidak ada. Saya hanya mencuci pakaian). “I only washed the clothes.” Jika kita ganti dengan “I just washed the clothes.” Arti kalimat nya akan berbeda, yaitu (Saya barusan mencuci pakaian.)
Dari kalimat-kalimat di atas kata just dan only bisa saling tukar jika mempunyai arti “hanya”. Jika mempunyai arti “barusan”, maka yang digunakan adalah kata just bukan only.

Masih ada penggunaan lain dari kata Just, yang akan kita bahas di sesi yang lain.

Terjemahkan kalimat-kalimat berikut ke dalam bahasa Inggris.
  1. Saya hanya melihat Mary.
  2. Kami barusan bertemu John di jalan.
  3. Hanya beberapa peserta yang hadir dalam rapat mingguan.
  4. Saya barusan selesai makan siang.
  5. Tidak ada barang-barang lain yang saya temukan. Hanya boneka ini yang saya temukan.
Demikian mudah-mudahan bermanfaat.