Perbedaan Further dan Farther



Kata further dan farther kadang kala bisa digunakan secara bergantian oleh beberapa penulis karena hal ini disebabkan kedua kata further dan farther menyampaikan pesan yang sama yaitu untuk sesuatu (jarak) yang lebih jauh.


Namun demikian terdapat kondisi dimana kata farther tidak bisa dipakai digantikan dengan further.
Contoh:
He can run faster and farther. (Ia dapat berlari lebih cepat dan lebih jauh). Dalam kalimat ini, kata further tidak bisa menggantikan posisi farther. Farther di sini adalah bentuk komparatif dari far (far - farther - farthest)
Are there any further questions? (Apakah ada pertanyaan tambahan/lagi/lebih lanjut?). Further dalam kalimat ini juga kata sifat namun tidak bisa dipakai secara predikatif. Artinya kata sifat further selalu digunakan sebagai noun modifier (penjelas kata benda). Perhatikan kalimat ini. Visit www.exploring-lampung.com for further details. Further information = Informasi lebih lanjut.

Kata Farther lebih merujuk kepada jarak secara fisik. Misalnya "We travel farther." sedangkan "Can we discuss it further? further di sini tidak ada kaitannya dengan jarak secara fisik tapi lebih kepada metafora atau non fisik.

Further juga dipakai sebagai kata kerja (verb) yang artinya memajukan
Contoh: 
  • You can further your career in that company.
Untuk memperdalam pemahaman Anda dalam kata Farther dan Further, pilih Further atau Father dalam kalimat-kalimat berikut:
  • Farther/further details about this product will soon be emailed to you. (Rincian lebih lanjut mengenai produk ini akan kami email segera.)
  • Farah can walk faster and further/farther. (Farah dapat berjalan cepat dan lebih jauh.)
  • I think farther/further questions will be asked by another group. (Saya rasa pertanyaan tambahan akan ditanyakan oleh kelompok lain.)
  • Representatives of the community came to the office to ask about further/farther action to be taken by the company. (Wakil dari masyarakat dating ke kantor untuk menanyakan tentang tindakan lebih lanjut yang harus diambil oleh perusahaan.)
Selamata belajar dan berlatih.