Membedakan ucapan Passed and Past dalam kalimat


ucapan passed dan past
Seperti yang kita ketahui dalam bahasa Inggris banyak kata-kata yang berbeda namun mempunyai ucapan yang sama seperti misalnya kata “some” dan “sum”. Pada sesi ini kita akan focus ke homophone “Passed” dan “Past” yang keduanya juga mempunyai ucapan yang sama.


Bagaimana kita bisa membedakan kedua kata “passed” dan “past” dalam kalimat, khususnya dalam spoken English? Tentunya untuk mengetahui arti kata tersebut dalam kalimat kita harus sudah paham penggunaan kata “pass” dan past (sebagai adjective, adverb atau preposition).

Kata Pass atau Passed (bentuk past tense dan atau past participle) adalah kata kerja yang artinya lulus, melalui, melintas, menyampaikan, lewat. Seperti yang kita ketahui kata kerja letaknya setelah pokok kalimat (subject) dan diikuti atau tanpa diikuti objek (object). Dalam contoh kalimat-kalimat berikut, kata yang bertulisan tebal adalah kata kerja (verb).
  • She passed the test. (Dia telah lulus test.)
  • This bus does not pass through Kalianda. (Bus ini tidak melewati kota Kalianda.)

Kata past berarti: lewat (terkait dengan waktu), masa lampau (sebagai kata benda), lewat (sebagai adverb/keterangan).
Contoh penggunaan Past dalam kalimat-kalimat berikut dapat memperjelas fungsi kata past dalam kalimat:
  • I don’t want to remember my past. (Saya tidak ingin mengingat masa lalu saya.)

  • They ran past the bridge. (Mereka berlari melewati jembatan.)
  • It’s 20 minutes past nine. (Jam 9 lewat 20 menit)
  • Go straight ahead, and then turn right at the first turn on the right. Keep walking past the mosque. (Lurus saja, kemudian belok kanan di belokan pertama di sebelah kanan. Terus jalan melewati masjid.)

Kalau dalam tulisan, tentunya mudah buat kita membedakan antara passed dan past, namun dalam percakapan atau spoken English tentu nya sulit jika kita tidak memahami kedua fungsi kata passed dan past seperti yang diuraikan di atas.

Semoga sesi ini bisa menambah wawasan kita. Selamat belajar.