Cara mudah belajar bahasa Inggris: grammar dan percakapan


 Di Indonesia, bahasa Inggris masih merupakan bahasa asing. Berbeda dengan di Malaysia, Singapore, Filipina dan Negara-negara lainnya dimana bahasa Inggris sudah merupakan bahasa kedua. Tentu saja strategi belajar bahasa Inggris nya berbeda antara bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan bahasa kedua.

Dalam artikel ini saya akan mencoba membahasa cara mudah belajar grammar dan percakapan bahasa Inggris. Kenapa saya focus kepada grammar dan percakapan? Jawabannya adalah karena orang yang sudah menguasai grammar belum tentu bisa menggunakannya dalam percakapan. Cara mudah belajar grammar dan percakapan bahasa Inggris menggunakan dua pendekatan yang berbeda namun bisa diterapkan dalam sesi yang bersamaan.

Cara mudah belajar grammar dan percakapan bahasa Inggris melibatkan 4(empat) language skills. Dalam belajar grammar bahasa Inggris prosentase receptive skills lebih dominan pada awal-awal belajar. Namun pada tahap akhir belajar grammar bahasa Inggris, keahlian dari receptive akan mengarah kepada keahlian productive – kemampuan menulis (writing skill).

Tuntutan penguasaan grammar sangat tinggi bagi para mahasiswa karena mereka dituntut untuk menguasai literature-literatur yang kebanyakan ditulis dalam bahasa Inggris. Penggunaan Google translate tidak banyak membantu dan harus tetap didukung dengan kemampuan grammar bahasa Inggris yang memadai. Kedua kemampuan ini yaitu grammar dan percakapan sebenarnya bisa kita pelajari secara bersamaan. Artinya cara mudah belajar grammar dan percakapan bahasa Inggris tidak harus dipisahkan. Misalnya belajar grammar dulu, setelah grammar dikuasai baru belajar percakapan. Ini tidak efektif. Kenapa? Untuk bisa percakapan kita tidak harus bisa grammar terlebih dahulu. Artinya percakapan bisa berlangsung walaupun grammarnya masih salah-salah. Yang paling penting dalam percakapan adalah ketepatan pengucapan kata-katanya bukan grammar nya.

Praktekkan apa yang diperoleh dari pelajaran grammar dalam percakapan bahasa Inggris:

Ini memang sulit namun didukung dengan kemauan kuat dan keyakinan, kita akan mampu mempraktekkan apa yang didapat dari pelajaran grammar ke dalam percakapan bahasa Inggris. Misalnya pelajaran Simple Present Tense, kita bisa gunakan dalam percakapan bahasa Inggris. Yang harus diingat adalah kita tidak harus takut salah dalam pronunciation maupun grammar nya. Kebanyakan yang menghambat dalam proses belajar percakapan bahasa Inggris adalah takut salah dalam membuat kalimat bahasa Inggris. Seperti yang saya katakan di atas, yang penting adalah ketepatan pengucapan kata terlebih dahulu. Grammar nantinya akan mengikuti dengan sendirinya.

Setelah belajar Grammar bahasa Inggris lakukan banyak menulis dan latihan-latihan lain yang diberikan. Mulailah menulis tentang diri Anda sesuai dengan tingkat grammar yang telah dipelajari. Misalnya jika Anda baru saja belajar Simple Present Tense, maka buatlah kalimat sebanyak-banyaknya menggunakan tense tersebut. Misalnya Anda menceritakan kebiasaan sehari-hari Anda.

Selalu ucapkan kalimat-kalimat yang Anda buat. Hal ini penting untuk melatih ucapan Anda. Cek ucapan Anda melalui Google translate atau kamus-kamus online yang dapat Anda temui di internet. Usahakan menggunakan  bahasa Inggris dalam setiap kesempatan dengan teman-teman Anda yang sama-sama belajar bahasa Inggris. Cara mudah belajar grammar dan percakapan bahasa Inggris tidaklah sulit saat ini. Dengan teknologi internet belajar grammar dan percakapan bahasa inggris menjadi jauh lebih mudah.

Mudah-mudahan informasi singkat ini bisa mendorong semangat Anda dalam menguasai cara mudah belajar grammar dan percakapan bahasa Inggris ini. Semoga Sukses.