Talking About Places

Salah satu kemampuan yang Anda harus kuasai adalah berbicara tentang tempat, misalnya, kota di mana Anda tinggal. Jika Anda bertemu turis di kota di mana Anda tinggal. Biasa nya turis tersebut akan menanyakan tentang kota tersebut. Nah, sebagai modal kemampuan bahasa Inggris Anda, Anda harus punya hafalan cerita tentang kota-kota yang mungkin menarik minat turis untuk mengunjungi nya. Misalnya, Bali, Jogjakarta, Jakarta dan kota-kota lain. Mulah lah Anda menghafalkan tentang kota Anda sendiri. Cobalah Anda mulai dengan menceritakan tentang penduduk--jumlahnya, mata pencahariannya, tempat-tempat yang menarik, biaya hidup dan gaya hidup. Jika Anda mengalami kesulitan, carilah info tentang kota itu di internet (di wikipedia) , buku-buku, atau cari data di situs statistik.

Berikut beberapa contoh kalimat tanya tentang kota yang  Anda:
  • How many people live in this city? (Berapa orang tinggal di sini atau bisa juga diterjemahkan: "Berapa jumlah penduduk kota ini? Bisa juga turis akan bertanya menggunakan: "What's the population of this city?"
  • How do people here earn their living? What kind of jobs do the residents have? What are the residents's job here? Apa pekerjaan orang-orang (penduduk) di kota ini?
  • How big is this city/town? (Berapa besar kota ini?)
  • What's the city famous for? (Kota ini terkenal dengan apa?)
  • What's the main crop in this city/town? What is the important crop here? (Apa hasil bumi utama di kota ini? Apa hasil bumi penting di sini?)
  • What's the weather like here? (Bagaimana cuaca di sini?)
  • What kind of food is available here? (Apa jenis makanan yang ada di sini?)
  • Where is the nearest restaurant from here? (Dimana restoran terdekat dari sini?)
Untuk memulai menceritakan tentang kota Anda, Anda bisa menggunakan kalimat-kalimat ciptaan sendiri, yang penting ucapannya benar. Kalau grammar masih salah ya wajar lah. Kalau ucapan (pronunciation) sudah benar, maksud Anda akan mudah dipahami.

Contoh: Saya menggunakan kota Bandar Lampung sebagai contoh. Nanti Anda bisa merubahnya menjadi kota di mana Anda tinggal.

I was born in this city--Bandar Lampung. It's actually the capital city of Lampung Province, which has 13 regencies. Bandar Lampung City is not a big city. According to Wikipedia, Bandar Lampung only has an area of 169.21 km², with a population of approximately 881,801 people. Most people here work as government and private employees, while some others run businesses such as restaurants, shops and many others. The weather here is not as warm as Jakarta, about 28-31 degrees Celsius.

Anda bisa mengembangkan sendiri. Atau cerita bisa berkembang sesuai pertanyaan yang diajukan oleh sang turis. Saran saya, cobalah menghafalkan cerita-cerita tentang kota Anda. Misalnya tentang tempat-tempat bersejarah, tempat-tempat wisata, restoran-restoran, hotel dan pusat belanja. Apabila Anda hafal, maka Anda akan lebih lancar dalam penyampaiannya.