Memulai Percakapan Dalam Bahasa Inggris Dengan Orang Asing

Menggunakan bahasa Inggris tentunya tidak terlepas dengan budayanya. Orang Inggris selalu menggunakan ungkapan pembuka sebelum benar-benar bercakap-cakap, khususnya dengan orang yang mereka tidak kenal. Dalam budaya kita tentunya hal itu terlalu bertele-tele. Kita sering langsung bertanya, misalnya: "Dari mana Pak atau Mau kemana Pak?" kepada orang yang duduk di samping kita sewaktu menunggu bus atau kereta. Dalam bahasa Inggris hal ini termasuk tidak biasa apabila diucapkan kepada orang yang sama sekali belum kita kenal. Dalam pembahasan berikut kita akan mempelajari ungkapan-ungkapan yang sering digunakan:
Perhatikan contoh-contoh berikut:
  • It's very warm here, isn't it?
  • What a nice view.
  • The train is going to be late, I am afraid.
Ungkapan-ungkapan di atas tidak secara langsung bertanya kepada orang asing. Biasanya orang asing akan merespon ungkapan-ungkapan yang Anda katakan. Jangan sekali-kali kita langsung mengajukan pertanyaan seperti: "Where are you from?, Where do you live?, atau bahkan bertanya "What is your name?." Pertanyaan pertanyaan ini sangat tidak sopan dan mengundang kecurigaan. Gunakanlah ungkapan-ungkapan pembuka seperti di atas. Setelah kita yakin orang asing itu mau berbicara dan merasa nyaman dengan Anda, maka tentu saja tidak ada salahnya Anda mengajukan pertanyaan yang lebih pribadi.

Contoh:
Anda : It's very warm here, isn't it
Orang Asing : I guess so.
Anda : I am sure it's going to rain today. Do you think so?
Orang Asing: Yeah, warm weather is usually a sign that it's going to rain.
Anda : I wish there were a fan right here.
Orang Asing: I am used to the public places like this.
Anda: Do you often travel?
Orang Asing: It's my second visit to Indonesia.
Anda : You are lucky to be able to travel abroad. Where are your from by the way?
Orang Asing: Australia.

Setelah percakapan di atas Anda bisa lebih banyak bertanya lagi atau Anda sebaiknya menceritakan tentang Anda juga. Selamat mencoba.

Hal-hal yang perlu dihindari dalam percakapan dengan orang yang baru kita kenal adalah:
  • Jangan langsung menanyakan hal-hal yang sangat pribadi. Misalnya menanyakan tentang usia. Tanyakan saja hal-hal yang bersifat umum. Misalnya tentang kebudayaan, tentang pendapat mereka mengenai negara yang mereka kunjungi.