Cara Terbaik Untuk Segera Memulai Menggunakan Bahasa Inggris

Cara yang saya akan tuangkan di sini berdasarkan pengalaman penulis dalam mempelajari bahasa Inggris. Mudah-mudahan cara ini bisa membantu Anda dalam mempelajari bahasa Inggris baik karena tuntutan pekerjaan, sekolah, lingkungan atau mungkin karena hobby mempelajari bahasa Inggris.
Teknik ini diperuntukkan bagi mereka yang sudah dewasa, minimal telah duduk di bangku SD. Artinya pada tingkat SD anak-anak sudah diajarkan membuat kalimat-kalimat dalam bahasa Indonesia. Hal ini penting karena dalam pembahasan kita nanti Anda harus banyak berlatih membuat terjemahan dari Indonesia ke Inggris atau sebaliknya. Tentu saja terjemahan-terjemahan nya nanti dimulai dari kalimat-kalimat yang sangat sederhana.

Kata-kata yang perlu Anda ketahui untuk memulai menggunakan bahasa Inggris:


  • Kata Benda atau Nomina  (Noun): Pada tahap ini Anda hanya diminta mengenal apa itu nomina (noun). Artinya Anda tidak diminta mengetahui jenis-jenis kata benda yang lebih detail. Yang penting di sini Anda tahu yang dimaksudkan dengan nomina/kata benda (noun) adalah nama-nama benda, tempat, orang dan lainnya. Anda diharapkan mempelajari kata benda/nomina (noun) yang sering Anda temui dalam kehidupan sehari-hari.Contoh kata benda yang sering kita gunakan sehari-hari misalnya: book (buku), pencil (pinsil), pen, house (rumah), money (uang), market (pasar), car (mobil), motorbike (sepeda motor), man (laki-laki), woman (perempuan), computer, printer, mall, supemarket, rice, coffee dan banyak lagi. Kata-kata benda ini akan terus bertambah sesuai dengan seberapa banyak Anda berlatih.
  • Kata Kerja (verb): adalah kata yang menunjukkan tindakan atau keadaan. Contoh: go (pergi), walk (jalan), work (bekerja), buy (membeli), see (melihat), listen (mendengar), sleep, eat, drink, is, am, are, was, were (menunjukkan keadaan, keberadaan dan waktu) dan banyak lagi. Pada tahap ini Anda cukup mengenal kata kerja saja dan tidak dibahas detail mengenai kata kerja.
  • Kata Sifat (Adjective): Kata yang menunjukkan keadaan suatu benda atau orang. Contoh: tired (lelah), good (baik), far (jauh), near (dekat), expensive (mahal), cheap (murah), high (tinggi), dangerous (berbahaya), beautiful (cantik) dan banyak lagi. Usahakan Anda mengetahui kata sifat yang sering dijumpai dalam percakapan sehari-hari.
  • Pronoun (Kata ganti). Kata ganti sangat penting Anda ketahui karena kita akan sering menggunakan kata ganti dalam percakapan. Untuk tahap ini Anda harus tahu kata ganti seperti: He (dia laki-laki), She (dia perempuan), They (mereka), We (kita), You (Anda, kamu), It (itu, ia untuk benda atau binatang.
  • Kata Depan (Preposition): Untuk sementara Anda cukup mengetahui kata depan seperti:  In (di), on (di atas), at (di, pada), beside (di samping), to (ke)
Kita akan memulia menggunakan kalimat-kalimat sederhana menggunakan 5(lima) jenis kata di atas, yaitu: noun, verb, adjective, preposition dan pronoun. Ingat fokus Anda adalah membuat kalimat dan jangan hirau kan apakah kalimat yang Anda buat sudah benar secara struktur atau tidak. Yang penting di sini (pada tahap) ini Anda menggunakan lima kata tadi dalam kalimat yang Anda buat. Nanti sambil jalan kita akan bahas perlahan-lahan.

Kalimat yang Anda buat harus ditulis dan diucapkan. Setelah Anda tulis Anda ucapkan kalimat-kalimat tersebut. Untuk mengecek ketepatan ucapan Anda, Anda bisa menggunakan google translate atau kamus yang menyediakan cara mengucapkan kata. Anda harus mengecek ucapan dengan benar dan jangan menebak ucapan karena nanti apabila Anda terbiasa dengan ucapan yang salah akan sulit merubahnya.

Mari kita mulai dengan kalimat pertama.

I like coffee (I=saya; like=suka; coffee=kopi). Kita lihat susunannya adalah Pronoun+Verb+Noun. Persis sama seperti urutan dalam bahasa Indonsia. Perhatikan contoh-contoh kalimat lain: We are in Jakarta (Kami ada di Jakarta). We=kita, kami; are=ada; in=di; Jakarta=nama kota.

Contoh kalimat-kalimat sederhana menggunakan Noun, verb, adjective, pronoun, dan preposition. Dalam contoh kalimat mungkin Anda menjumpai kata yang belum kita bahas di sini. Abaikan saja sementara. Yang penting Anda bisa menempatkan kata-kata tersebut dalam kalimat.Kata-kata yang kita bahas ditulis dalam huruf tebal.
  • Lutfi works in a bank. (Lutfi bekerja di sebuah bank)
  • She is beautiful. (Dia cantik)
  • I walk to the market. (Saya berjalan ke pasar)
  • We eat rice every day. (Kami makan nasi setiap hari)
  • He listens to his teacher. (Dia mendengarkan guru nya)
  • Peter and Fitri are friends. (Peter dan Fitri adalah teman)
Nah sekarang coba Anda terjemahkan kalimat-kalimat sederhana ini kedalam bahasa Inggris. Jangan takut salah.
  • Mereka berada di sebuah kebun.
  • Kami suka Bali.
  • Fitri cantik dan pandai.
  • Dia (perempuan) bekerja di sebuah kantor.
  • Binatang ini berbahaya.
  • Kami berjalan kaki ke pasar.
  • Saya Lutfi. Saya bekerja sebagai pegawai negeri. Walaupun saya seorang pegawai, saya masih punya waktu untuk melanjutkan kuliah di salah satu perguruan tinggi swasta di Samarinda.
Coba Anda terjemahkan kalimat-kalimat di atas. Berikut beberapa vocabulary untuk membantu Anda dalam menterjemahkan.  Syukur jika Anda tahu semua kata-kata yang digunakan pada kalimat-kalimat di atas.
Although = walaupun
As = sebagai
Continue my study= melanjutkan sekolah/kuliah
Private university= perguruan tinggi swasta
government employee= pegawai negeri sipil
Have time = punya waktu
Walk = berjalan kaki. On foot=berjalan kaki

MEMBUAT KALIMAT NEGATIVE (NOT) YANG MENYATAKAN TIDAK ATAU BUKAN
Anda telah belajar membuat kalimat-kalimat sederhana dengan menggunakan nouns, pronouns, verbs (termasuk verb to be), dan kata sifat (adjectives). Sekarang, marilah kita mencoba bagaimana membuat kalimat negative nya.

Kalimat negative dalam bahasa Inggris menggunakan kata NOT. Orang yang tidak belajar grammar akan menulis " I not like you". Jika diartikan kata per kata memang benar "Saya tidak suka Anda". Jika kita ucapkan kalimat ini kepada orang yang aslinya berbahasa Inggris, tentu ia tetap dapat memahami maksud Anda. Namun, kenapa kita coba menggunakan NOT secara benar.

NOT digunakan berdampingan dengan auxiliary verb dan modal auxiliary. Auxiliary adalah kata yang timbul karena kalimat menjadi negative atau question. Perhatikan contoh-contoh kalimat berikut:


  • I like coffee. ====> I do not like coffee. (Saya tidak suka kopi.) Kata DO dipakai karena kata kerja LIKE. do not dalam percakapan disingkat menjadi don't
  • She wants a cup of tea. =======> She does not want a cup of tea. DOES dipakai karena kata kerja WANTS (kata kerja want + s untuk orang ketiga tunggal). does not disingkat menjadi doesn't dalam percakapan.
  • We are in Jakarta. ====> We are not in Jakarta. NOT digunakan langsung setelah ARE karena ARE adalah salah satu kata kerja to be (is, am, are, was, were). are not disingkat menjadi aren't
Nah sekarang mari kita buat kalimat negatif dengan menggunakan NOT. Kata yang bertulisan tebal menyatakan tidak atau bukan.
1.     Mary and Lutfi are not friends. They are brother and sister.
2.     Zacky isn't a student of President University.
3.     don't eat meat.
4.     She doesn't live in Bandung.
5.     They don't want you to come here.

Pelajari text berikut yang masih dalam kalimat sederhana. Kalimat-kalimat terdiri dari kalimat positif dan negative.
  • Susan lives in a small city with her family. Her husband doesn't live there because he works in Jakarta. Susan doesn't like to live in Jakarta because she says that Jakarta isn't suitable for her.  Besides, her children don't want to be in a noisy city like Jakarta. Her husband, Lutfi, sometimes visit them on weekends. He doesn't stay with his wife and children for a long time because he is very busy in his office.
Cobalah Anda membuat kalimat-kalimat seperti contoh di atas. Gunakan kata-kata Anda sendiri. Setelah Anda tulis berlatihlah untuk mengucapkannya. Jika Anda tidak berkeberatan, kirimkan latihan Anda kepada kami beserta rekaman ucapannya. Kirimkan via email.

MEMBUAT KALIMAT TANYA DALAM BAHASA INGGRIS

Setelah Anda menguasai cara membuat kalimat sederhana termasuk kalimat negatif nya dengan kata benda (nouns), kata ganti (pronouns), kata sifat (adjectives) dan kata kerja (verbs), kita akan mencoba membuat kalimat tanya dengan target bahasan seperti di atas. Ingat, dalam berlatih menulis dan mengucapkan kalimat-kalimat yang Anda buat, jangan merasa takut salah. Rasa takut salah ini akan menghambat proses penguasaan Anda.
Dalam membuat kalimat negative yang perlu Anda kuasai adalah kata kerja bantu (Auxiliary verbs) dan Modal Auxiliary.
DO, DOES, DID, HAVE, HAS, IS, AM, ARE, WAS, WERE, WILL, SHALL, WOULD, SHOULD, CAN, COULD dan masih ada lagi. Untuk tahap latihan awal kita akan mencoba melatih kata kerja bantu do, does, is, am, are terlebih dahulu.
Yang perlu diikutsertakan dalam pembahasan ini adalah kata tanya WHAT (apa), WHERE (dimana), WHY (mengapa), WHO (siapa), dan WHICH (yang mana).

.DALAM KALIMAT TANYA, KATA KERJA BANTU DILETAKKAN DI MUKA SUBYEK.

  • Lutfi likes coffee.
  • Does Lutfi like coffee? (kalimat tanya dengan kata kerja bantu DOES). Perhatikan likes berubah menjadi like dalam kalimat tanya.
  • You live in Jakarta
  • Do you live in Jakarta? (kalimat tanya dengan kata kerja bantu DO). Perhatikan tidak ada perubahan pada kata kerja live
  • They want to go home now.
  • Do they want to go home now?
  • I look tired. (terlihat lelah)
  • Do I look tired?
DOES dipakai karena subyek orang ketiga tunggal.
DO dipakai karena subyek orang pertama dan orang kedua baik tunggal maupun jamak.

Dalam praktek berbicara, kebanyak kita masih dipengaruhi oleh bahasa kita sendiri. Contoh kalimat "Apakah Anda tinggal di Bogor? Kata "apakah" sering diterjemahkan "what"  Kata "Apakah" dalam bahasa Inggris tidak diterjemahkan.. Perhatikan contoh berikut:
  • Does Lutfi study English? (Apakah Lutfi belajar bahasa Inggris?)
  • Do you want to eat now? (Apakah Anda ingin makan sekarang?)
KALIMAT TANYA LAIN DENGAN TO BE (IS, AM, ARE):
PINDAH KAN TO BE DI DEPAN SUBYEK.
  • Fitri is beautiful.
  • Is Fitri beautiful? (Apakah Fitri cantik?)
  • They are students of English.
  • Are they students of English?
  • am handsome.
  • Am I handsome?
Lihat pembahasan penggunaan kata kerja to be pada salah satu link di bawah ini.

CATATAN:
KATA KERJA BANTU DO, DOES, IS, AM, ARE tidak diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

LATIHAN:
Buat lah kalimat tanya berdasarkan kalimat-kalimat di bawah ini. Ingat Anda harus selalu mengucapkan kalimat-kalimat yang Anda buat. Tujuannya agar Anda terbiasa mengucapkannya. Pada saat Anda praktek berbahasa Inggris Anda sudah tidak kaku lagi.

1.     Peter and John are from Australia.
2.     Lutfi wants to go back to Jakarta as soon as possible.
3.     We are still tired.
4.     You need a lot of rest.
5.     They study German.
6.     The cats are in the garden.
7.     It is really interesting.

CARA YANG KETIGA adalah menghafalkan kalimat-kalimat yang sering digunakan sehari-hari. Carilah buku-buku percakapan sehari-hari. Misalnya percakapan tentang traveling, at the restaurant dan lain sebagainya. Yang penting dalam tahap ini adalah Anda bisa menggunakannya pada saat diperlukan.Jadi fokusnya adalah menghafalkan dan mengerti penggunaannya.

Contoh yang harus dihalafkan:
WHAT'S THE BUS FARE......? BERAPA ONGKOS NAIK BUS.......?

  • What's the bus fare to Jakarta from Bandung? (Berapa ongkos ke Jakarta dari Bandung dengan menggunakan bus?). Kalimat inti yang harus dihafalkan adalah: "What is the bus fare to......from........?" Setelah Anda paham bahwa "What's the bus fare...." artinya adalah Berapa ongkos bus....", Anda bisa mengembangkan nya sendiri dengan menambahkan nama kota atau tempat lainnya.
  • What's the bus fare to Surabaya from Jakarta, please?
  • Can you tell me what the bus fare from Jakarta to Lampung is?
WHAT'S THE COST OF LIVING IN........? BERAPA BIAYA HIDUP DI......?
  • What's the cost of living in Jakarta?
  • The cost of living in Jakarta is very high.
  • Is the cost of living in Bogor lower than in Bandung?
  • What's the cost of living in London?
Dan masih banyak lagi contoh-contoh percakapan yang perlu Anda hafalkan khususnya ungkapan-ungkapan yang tidak bisa diterjemahkan kata per kata ke dalam bahasa kita.

Hafalan lain yang perlu Anda kuasai adalah cerita tentang diri Anda dan keluarga Anda. Hal ini penting karena biasanya Anda diminta untuk memperkenalkan diri Anda. Atau Anda sekedar ingin menceritakan diri .Anda. Buatlah cerita pendek tentang Anda dalam 1 atau 2 paragraph. Kemudian hafalkan agar Anda dapat dengan fasih mengucapkannya nanti.

Beberapa contoh hafalan yang harus Anda kuasai. Ini contoh dari kami. Anda bisa merubahnya sesuai dengan kondisi Anda.

Talking About Myself

  • I am Lutfi. I live with my family in Samarinda. I have a wife and two children. I work in one of the banks. I like my job and hope that I will have a good career.
  • My eldest child is still 10 years old.  She still goes to elementary school. She's still in the third grade. My youngest child, a son, is 7 years old and is now in the first grade of elementary school.
  • My wife doesn't work. She stays home and takes care of every thing in the house. She is busy, too. Every morning she takes my children to school and fetches them when the school is over at noon. We are lucky that our home is not so far away from my children's school.
Talking About What Likes and Dislikes
Usahakan Anda bisa menceritakan dalam bahasa Inggris tentang sesuatu yang Anda suka atau yang tidak disukai. Berikut adalah contoh tentang likes and dislikes. Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi Anda sendiri.
  • I love wearing jeans because they match any color and are durable, too.I don't like too formal clothes because I think they are only suitable in formal situations.
  • I like drinking coffee very much. I often drink it mixed in milk. I like tea, too but if I compare it to coffee, I prefer coffee to tea.