Bagaimana Menulis Artikel Dalam Bahasa Inggris?

Artikel atau cerita pendek mengandung informasi yang akan disampaikan kepada pembaca. Berapa banyak informasi yang diserap oleh pembaca tergantung pada seberapa bagus informasi tersebut disajikan oleh penulis. Berikut ini akan saya coba memaparkan beberapa cara bagaimana sebuah artikel atau cerita pendek harus ditulis. Mudah-mudahan dapat bisa diambil manfaat.

Ketika Anda menulis yakinkan bahwa artikel Anda mudah dibaca. Artikel Anda harus sederhana, jelas dan terstruktur dengan tata bahasa yang benar. Ada beberapa hal yang harus Anda ingat dalam membuat tulisan. Pertama-tama gunakan lah bahasa yang sederhana. Kedua, gunakan induk dan anak kalimat yang singkat (main clause dan subordinate clause). Ketiga,  Gunakan lah kata kerja daripada kata benda jika memungkinkan. Contoh, gunakanlah "It means...." daripada "The meaning of this is......". Terakhir, hindari penggunaan slang atau kata-kata yang tidak standar lainnya. Gunakan kata yang tepat sesuai dengan situasinya. Jika situasinya formal, gunakan kata-kata formal. Gunakan kamus lengkap yang memberikan label "formal" dan "informal" pada kata-kata dalam kamus.

Bagaimana Anda membangun kalimat-kalimat dalam artikel?

Usahakan Anda tidak membuat para pembaca menjadi bosan karena kalimat-kalimat yang Anda tulis sangat membosankan. Gunakan berbagai jenis clause seperti, participle, relative clause, conditional clause, kalimat pasif, gerund dan banyak lagi grammar yang mungkin sudah Anda kuasai.

Ingat, Anda harus menggunakan main clasue untuk menyatakan statement penting. Subordinate clause digunakan hanya untuk informasi tambahan saja. Utamakan penggunakan kalimat aktif daripada kalimat pasif kecuali ada obyek yang ingin Anda tonjolkan. Hindari introductary clause yang panjang, dan anak-anak kalimat (subordinate clause).

Bagaimana menyusun paragraf?

Yakinkan Anda mempunyai point utama yang tunggal dalam satu paragraf. Ikhtisarkan point utama pada kalimat pertama. Kalimat-kalimat berikut memberikan dukungan atau penjelasan pada kalimat pertama dalam paragraf tersebut. Sedangkan kalimat terakhir gunakan sebagai kalimat transisi ke paragraf berikutnya.

Bagaimana naskah Anda disusun dalam sebuah artikel pendek?

Perhatikan urutan berikut ini:

·         Your title (Judul). Judul harus relavan dengan isi artikel.
·         Introduction (Paragraph utama). Mengikhtisarkan apa yang akan Anda tulis. Sebenarnya dari ikhtisar ini pembaca sudah bisa menebak isi cerita. Namun pembaca biasanya ingin tahu lebih detail apa yang akan Anda sampaikan.
·         The main part (Isi cerita) Isi cerita biasanya mulai dari paragraf kedua dan seterusnya.
·         Conclusion (Penutup).

Usahakan artikel Anda menarik dan mudah dipahami. Hindari penggunaan paragraf yang terlalu pendek. Usahakan satu paragrah terdiri minimal 3 kalimat.